ARTIKEL SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Sejarah Perkembangan Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi – Sejarah Perkembangan Teknologi menarik untuk kita simak bersama mengingat perkembagan teknologi dari masa ke masa sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi), mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet.

Sejarah Perkembangan Teknologi

1. Masa Prasejarah

Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.

Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.

a. 3000 SM

Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.

b. 2900 SM

Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria

Image.

 

c. 500 SM

Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.

d. 105 M

Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

2. Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

a. Tahun 1455

Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

b. Tahun 1830

Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

c. Tahun 1837

Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.

d. Tahun 1877

Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

e. Tahun 1889

Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.

f. Tahun 1931

Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

g. Tahun 1939

Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

h. Tahun 1973 – 1990

Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

i. Tahun 1991 – Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

 

ARTIKEL BAHAN BAKAR BIOGAS

Menuai Bahan Bakar Alternatif dari Sampah Kebun

Image

Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini, bahan bakar fosil merupakan bahan bakar yang paling luas dan paling sering digunakan oleh seluruh manusia di dunia ini. Penggunaan jenis bahan bakar ini semakin lama semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya aktivitas dan jumlah penduduk bumi ini.

Kenyataan itulah yang membuat dunia sekarang berada pada dua ancaman sekaligus: pemanasan global yang terus meningkat sekaligus kelangkaan sumber energi masa depan akibat berkurangnya bahan bakar fosil.

Beberapa solusi pun mulai ditawarkan oleh para ilmuwan. Salah satu yang paling efektif dan ramai diperbincangkan adalah penggunaan bahan bakar alternatif. Bahan bakar alternatif yang ramai diteliti para ilmuwan saat ini biasanya berasal dari sumber yang terbarukan atau tidak dapat habis seperti cahaya matahari, air, angin, panas bumi, dan biomassa. Hingga saat ini umumnya penelitian mengenai pemanfaatan terhadap sumber energi terbarukan tersebut cukup banyak, namun belum seluruhnya efektif dan efisien.

Suatu terobosan ilmiah terbaru berhasil ditemukan sebuah tim riset yang terdiri atas para insinyur teknik kimia dari University of Massachusetts Amherst berhasil mengembangkan suatu mesin yang dapat memproduksi berbagai macam senyawa hidrokarbon dengan bahan baku minyak pirolisis sampah kebun atau sejenisnya.

Ya, sampah kebun seperti kayu, ranting, cabang, kulit pohon, rumput-rumput, dedaunan, dan bagian tumbuhan lainnya merupakan sumber alami biomassa yang mengandung banyak selulosa dan minyak bio. Suatu proses pirolisis terhadap biomassa seperti ini dapat mengekstrak minyak bio yang terkandung di dalamnya untuk selanjutnya dapat diolah kembali menjadi berbagai senyawa hidrokarbon. Pirolisis merupakan dekomposisi termal bahan-bahan organik tanpa keberadaan oksigen, sehingga bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak teroksidasi.

Tim peneliti tersebut telah berhasil membuat mesin yang dapat memproduksi berbagai senyawa hidrokarbon secara lebih efektif dan efisien dari minyak bio hasil pirolisis karena dapat menhasilkan rendemen produk yang lebih tinggi. Senyawa yang dihasilkan antara lain benzena, toluena, xilena, berbagai senyawa olefin (alkena), dan senyawa alkohol (seperti metanol dan etanol). Senyawa-senyawa hidrokarbon tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku kimia maupun sebagai sumber energi alternatif. Tim ini memperkirakan jika seluruh industri kimia di dunia dapat menggunakan senyawa biopirolisis yang dihasilkan mesin ini daripada menggunakan bahan bakar fosil akan terjadi penghematan hingga USD 400 milyar setiap tahunnya. Suatu jumlah yang sangat besar.

Hasil penelitian ini tentu dapat memberi nilai tambah terhadap sampah-sampah organik yang ada di kebun pekarangan rumah kita ataupun di lingkungan lain yang serupa. Selain dapat diubah menjadi pupuk kompos, sampah tersebut juga dapat menghasilkan berbagai senyawa kimia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kimia maupun sumber energi alternatif.

 

MANFAAT BUAH NAGA BAGI KESEHATAN

Manfaat Buah Naga

Image

Buah naga adalah buah yang akhir-akhir ini sering dibicarakan oleh banyak orang. Sekarangini, buah naga sudah banyak dipasarkan di supermarket dan swalayan. Buah yang rasanyaagak hambar dan sedikit manis ini ternyata memberikan manfaat yang sabgat banyak bagitubuh kita.Sudah menjadi rahasia umum bahwa pengobatan atau terapi di luar negeri merupakan hal yangmahal dan butuh biaya yang besar. 

 Oleh karena itu, anda bisa mengintip manfaat buah naga inidan menjadikannya sebagai terapi anda.Buah ini berasal dari Mexico, Amerika tengah, dan Amerika selatan, namun sekarang buah inijuga sudah banyak dibudidayakan di negara-negara di Asia, seperti Taiwan, Vietnam, Filipina,Malaysia, dan Indonesia.Belakangan ini, buah naga dibudidayakan di daerah-daerah seperti, Mojokerto, Jember,Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo, dan Batam.Bagi orang Cina dan Vietnam, buah ini dianggap sebagai berkah dan karenanya buah ini selaludiletakkan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau diatas meja altar. Dari kebiasaaninilah buah ini diberi nama dragonfruit atau buah naga.

 

manfaat buah naga yaitu  :

  1. Menghilangkan racun dalam tubuhBuah yang sedikit manis ini adalah sumber antioksidan yang baik dan dapat melindungi tubuhanda dari radikal bebas. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat mencegah bertumbuhnya selkanker dalam tubuh.Di era globalisasi ini, kita hidup ditengah-tengah lingkungan yang telah tercemar oleh polusi danasap-asap pabrik yang mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu,untuk menetrelkan racun dan radikal bebas tersebut, sangat dianjurkan bagi anda untukmengonsumsi buah ini. 
  2.  Meningkatkan kekebalan tubuhKandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga dapat membantu anda dalammemperkuat sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, seperti batuk, flu, pilek, dll. Selainitu, buah ini juga dapat membantu proses penyembuhan luka atau memar pada kulit. 
  3.  Membantu proses metabolisme tubuhBuah naga ini mengandung banyak vitamin B1 dan B2 yang sangat baik dalam membantuproses metabolisme tubuh. Bagi anda yang berdiet, anda boleh mengonsumsi buah ini sebagai 1/2 2. cemilan, karena buah ini akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh anda. 
  4. Menurunkan kadar gula dalam darah Jika kadar gula dalam darah meningkat, maka anda dapat terserang oleh penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya adalah diabetes mellitus. Buah naga dikenal efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah . Selain itu, buah ini mengandung serat yang tinggi , sehingga membantu proses pencernaan dan mengurangi lemak dalam tubuh. 
  5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi Buah naga banyak mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang yang kuat dan membentuk jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. 
  6. Multivitamin Karena kandungan vitamin B2 di dalam buah naga begitu melimpah, buah ini dapat dijadikan sebagai multivitamin dan dapat membantu anda dalam memperbaiki atau memulihkan nafsu makan anda. 
  7.  Melangsingkan perut Manfaat yang satu ini tentulah amat berguna, khususnya bagi kaum wanita. Banyak wanita yang ingin melangsingkan perutnya agar tampil lebih cantik. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah naga ini, karena buah ini mengandung serat yang baik dan tentu saja harus diimbangi dengan olahraga yang teratur. 
  8. Anti kanker Buah naga ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai anti kanker, karena kandungan serat yang tinggi sebagai pengikat karsinogen yang menyebabkan kanker pada tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja dan dimana saja tanpa membedakan status seseorang. 

 

Oleh karena itu, lebih baik kita mencegah dari pada kita mengobati. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini secara rutin agar anda terhindar dari kanker. Setelah anda mengintip manfaat buah naga ini, banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan.

Jadi, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaa

 

Psikoanalisa

Psikoanalisa menurut Sigmund Freud

 

Dikembangkan oleh Sigmund Freud (1856 1939) yang dijuluki bapak psikoanalisis dan pencipta teori kepribadian modern

Psikoanalisis mempunyai latar belakang ilmu kedokteran (Freud, dokter penyakit jiwa)

Belajar pada Charcot (1894) terapi penyakit histeria dengan metode hipnosa

Belajar pada Breuer (1895) terapi penyakit histeria dengan metode asosiasi bebas

Dari pengalaman terapeutik disusun teori Psikoanalisis

Berkembang di Eropa dan Amerika awal abad 20

Tahun 1900 Freud menulis buku terkenal yaitu Traumdeutung atau Interpretation of Dream

Psychoanalysis merupakan jenis terapi psikis dan juga teori kepribadian

A persons general style of interacting with the world

People differ from one another in ways that are relatively consistent over time and place

 

Pendekatan Psikoanalisa = Psikodinamika

Teori ini mementingkan aspek dinamis yaitu sebab-sebab terjadinya proses psikis

Berdasarkan pemerhatian bahwa individu seringkali tidak menyadari faktor-faktor yang menentukan emosi dan tingkah laku mereka.

Pendekatan ini menyembuhkan klien dengan menggunakan teknik analisis mendalam yang bertujuan untuk menggali pengalaman masa lalu seseorang

 

Dasar-Dasar dari Teori Psikoanalisa:

Dasar kepribadian seseorang diperoleh sejak masa kecil

Kejadian pada masa kecil/ lalu menjadi bagian dari ketidaksadaran

Gangguan jiwa terjadi akibat pertentangan antara id (dorongan instinktual) dan Superego (dorongan untuk mengikuti norma masyarakat)

Pengalaman masa mendatang hanya pengulangan dari pengalaman masa lalu

 

Ego : Dimensi kepribadian yang rational, planful, penengah

Superego : Dimensi kepribadian moralistic, judgmental, perfectionist

Id : Dimensi kepribadian irrational, illogical, impulsive

 

 

Psikoanalisa menurut Erickson

 

Erikson memberi jiwa baru kedalam teori psikoanalisis, dengan memberi perhatian yan lebih kepada ego daripada id dan superego. Dia masih tetap menghargai teori freud, namun mengembangkan ide-ide khususnya alam hubunannya dengan tahap perkrmbangan dan peran soaial terhadap pembentukan ego. Ego berkembang melalui respon terhadap kekuatan dalam kekuatan lingkungan social. Ego bersifat adaftif dan kreatif, berjuang aktif (otonomi) membantu diri menanganinya dunianya. Erikson masih mengakui adanya kualitas dan inisiatif sebagai bentik dasar pada tahap awal, nanum hal iti hanya bisa berkembangan dan masak melalui pengalaman

social dan lingkungan. Dia juga mengakui sifat rentan ego, defence yang irrasional, efek trauma-anxiety-guilt yang langgeng, dan dampak lingkungan yang menbatasi dan tak perduli terhadap individu. Namun menurutnya ego memiliki sifat adaftif, kreatif, dan otonom (adaptable, creative, and autonomy). Dia memandang lingkungan bukan semata-mata menghambat dan menghukum (freud), tetapi juga mendorong dan membantu individu. Ego juga mampu- terkadang dengan sedikit bantuan dari terapis-menangani masalah secara efektif.

 

Struktur kepribadian

Ego kreatif

Erikson menggambarkan adanya sejumlah kualitas yang dimiliki ego, yang tidak ada pada psikoanalisis freud, yakni kepercayan dan penghargaan, otonomi dan kemauan, kerajinan dan kompetisi, identitas dan kesetiaan, keakraban dan cinta, generatifitas dan pemeliharaan, serta integritas. Ego semacam itu disebut ego-kreatif, ego yang dapat menemukan pemecahaan kreatif atas masalah baru pada setiap tahapan kehidupan.

 

Ego otonomi fungsional

Teori ego dari erikson dapat dipandang sebagai pengembangan dari teori perkembangan seksual-infantil dari freud, mendapat pengakuan yang luas sebagai teori yang khas, berkat pandagannya bahwa perkembangan kepribadian mengikuti prinsip epigenetic.

 

sumber http://aprian.blogdetik.com/psikoanalisa/

Dampak teknologi internet

Dampak teknologi internet

 

Menurut Sepengetahuan penulis belum ada kajian yang sistimatik mengenai dampak dari teknologi internet terhadap berbagai dimensi psikologi kehidupan manusia.

Apa yang ditulis berikut ini lebih banyak merupakan pertanyaan yang kiranya perlu dijawab melalui suatu penelitian yang sistimatik.
Penulis menduga teknologi internet akan mempengaruhi pada berbagai aspek psikologi.

 

Banyak fenomena psikologis yang muncul akibat pesatnya perkembangan teknoligi internet sekarang sekarang ini tidak hanya dikalangan dewasa atau remaja.
bahkan sudah menjalar pada anak anak kecil,

 

Ada beberapa dampak yang diakibatkan oleh marak teknologi internet di kalangan masyarakat. Namun, satu hal saja yang dapat dibahas dalam tulisan ini. Tidak lain agar mampu menjelaskan lebih khusus dan lebih mudah dipahami.

 

Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan manusia.

1. Produk yang digerakkan sistim komputer.
Di masa depan ini banyak produk kebutuhan hidup manusia sehari-hari akan menjadi produk yang cerdas (smart product). Produk yang cerdas adalah produk yang telah memiliki komponen inteligensi manusia. Produk yang demikian bisa membantu manusia untuk melakukan hal terbaik bagi kehidupannya. Berikut ini berbagai contoh produk yang cerdas.
a. Mobil yang cerdas (smart car). Mobil masa depan tidak bisa dihidupkan bila supirnya mabuk. Bau alkohol yang keluar dari mulut supir akan menutup sistim kerja mesin mobil. Kalau mobil rusak, sistim komputer akan memberi tahu bagian mana saja yang rusak. Layar monitor dalam mobil memberi tahu daerah yang macet lalu lintasnya.
b. Kartu yang cerdas (smart card). Berbagai kartu yang ada (ATM, SIM, KTP, Asuransi, Kesehatan, dll) akan dihimpun dalam satu kartu saja. Selain itu kartu bisa digunakan untuk berbagai fungsi lain, misalnya untuk kunci mobil, kunci rumah, dll.
c. Rumah yang cerdas ( smart house). Rumah bisa diperintah untuk melaksanakan sendiri tugas-tugas seperti, menentukan suhu ruangan, menghidupkan mesin air di bak mandi di saaat pemilik rumah dalam perjalanan menuju rumah, memberi makanan buat kucing/anjing, menghidupkan dan mematikan kompor, menutup pintu dan garasi, mengecek persedian makan di kulkas, dll.
d. Jalan yang cerdas (smart road). Jalan bisa memberi tahu pengendara mobil kalau ada kecelakaan di depan. Selain itu ia bisa mengingatkan bahaya kecelakaan jika jarak antar mobil yang di depan dan di belakang terlalu dekat.

2. Perancangan produk dikelola oleh komputer.
Sistim komputer yang sudah menjadi net-worked intelligence akan memudahkan kehidupan konsumen. Melalui internet pembeli dapat menghubungi berbagai perusahaan yang menawarkan produk. Di masa depan produk yang akan dibeli dirancang sendiri oleh konsumen. Pembeli rumah bisa merancang sendiri bentuk rumahnya, jumlah kamar, susunan kamar, serta asesoris yang diperlukannya. Pembeli sepeda dapat merancang sendiri bentuk sepeda yang diinginkannya berdasarkan pilihan komponen yang tersedia dalam komputer. Akan ada butik roti (bakery boutique) yang memungkinkan konsumen untuk membuat sendiri komposisi gizi di dalam rotinya.
Komputer yang dimiliki perusahaan pembuat produk telah memasukkan komponen produk seperti komponen kecil dalam permainan lego. Berdasarkan pilihan komponen yang tersedia rancangan produk dapat dibentuk sendiri oleh pembelinya.

3. Proses kerja yang digerakkan oleh komputer
Tersedianya fasilitas intranet dan internet memungkinkan orang bekerja dari mana saja. Orang bisa berhubungan dengan kantornya dari rumah, dari pesawat, dan dari kamar hotel. Pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh. Kantor menjadi maya (virtual). Bank tidak perlu lagi mempunyai karyawan terlalu banyak karena transaksi dilayani secara elektronik. Kini semakin banyak bank maya (virtual bank). Kondisi yang demikian ini menyebabkan jumlah ruangan kerja yang dibutuhkan semakin menciut dan penghematan biaya kantorpun dapat dilakukan.
Kini orang dapat berbelanja dari rumah melalui internet. Barang dapat dikirim langsung ke pembeli oleh produsen. Kini posisi para agen, distributor, wholesaler makin terancam. Penengah (mediator) antara produsen dan konsumen makin tidak diperlukan, karena konsumen dapat langsung berhubungan dengan produsen. Biro perjalanan semakin tersaingi oleh internet, karena orang dapat memesan langsung tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, atau tiket bis pada perusahaan transportasi. Pembayaran cukup dibayar dengan kartu kredit, dan tiket bisa diambil di bandar udara.

4. Komputer menjadi sarana komunikasi efektif.
Kehadiran bisnis internet telah merubah pola komunikasi. Kiriman surat semakin berkurang karena orang lebih banyak berkirim surat dengan e-mail. Orang sekarang bisa mengobrol dari dalam kamarnya dengan siapa saja tanpa batas ruang dan waktu. Program internet relay chatting (IRC) yang tersedia dalam komputer bisa diakses dengan internet, dan sipemakai bisa menghubungi siapa saja, apakah teman chatting berasal dari kota yang sama, atau di kota lain di seluruh dunia.
Internet semakin mengurangi pengggunaan mesin faksimili, karena dokumen dapat dikirim dalam waktu yang sangat cepat dengan e-mail. Dokumen dapat dikirim pada banyak orang diseluruh dunia. Penghematan yang sungguh luar biasa, dari segi waktu, biaya dan tenaga.

5. Komputer sebagai pusat informasi.
Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang. Hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah.
Di beberapa perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, sudah banyak dosen yang menyimpan catatan kuliah, artikel jurnal, dan bahan bacaan lainnya di dalam homepage pribadi mereka. Mahasiswa dapat dengan leluasa membuka homepage tersebut dan membaca serta mencetak artikel untuk keperluan studi mereka.

sumber http://aprian.blogdetik.com/dampak-teknologi-internet/

Berwudhu

Berwudhu wajib dilakukan oleh orang yang akan mengerjakan sholat. Syarat-syarat yang harus dipenuhi pada saat berwudhu adalah:

  • Islam
  • Mumaiz (dapat membedakan baik dan buruk)
  • Tidak berhadas besar
  • Berwudhu dengan air yg mensucikan
  • Tidak ada yg menghalangi air ke kulit

Rukun-rukunnya:

1. Niat

2. Membasuh muka

3. Membasuh 2 tangan, sampai siku

4. Menyapu sebagian kepala dengan air

5. Membasuh 2 kaki sampai ke mata kaki

6. Tertib

Ayat yg memerintahkan wudhu bisa kita temukan di Al Maidah(5):6,Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

Manfaat dari setiap gerakan wudhu:

1. Membasuh muka

  • Wajah akan bersih dari kotoran, sehingga hati akan terasa senang dan lega karena wajah bersih.
  • Kesiapan kita untuk menghadap ALLOH SWT (dengan sholat)
  • Wajah yg banyak dibasuh air wudhu (untuk menuaikan sholat) akan berseri-seri di hari akhirat kelak. Surat Abasa(80): 38-39,Banyak muka pada hari itu berseri-seri, tertawa dan gembira ria,

2. Mencuci tangan

  • Membersihkan tangan dari kotoran
  • Menjaga tangan dari perbuatan dosa

3. Menyapu sebagian kepala

  • Kepala dan rambut bersih dari kotoran
  • Menyegarkan kepala

4. Mencuci kaki

  • Membersihkan kaki dari kotoran
  • Menjaga kaki agar tidak pergi ke tempat-tempat yg buruk
  • Sabda Rasululloh SAW,Barangsiapa yang berwudhu dan menyempurnakan wudhu-nya, maka semua dosanya akan keluar dari badannya, hingga keluar dari bawah kuku-kukunya. (HR Imam Nawawi)

    http://khutbahjumat.wordpress.com/page/12/

 

ETOS KERJA

Kita sering mendengar pernyataan bahwa bangsa Indonesia memiLiki etos kerja yg rendah. Karena kaum musLim adaLah mayoritas di Indonesia, maka tidak saLah jika ada pernyataan bahwa itu berarti kaum musLim di Indonesia beretos kerja rendah. HaL ini jeLas menyakitkan, karena IsLam sendiri mengajarkan umatnya untuk menjadi umat yg rajin bekerja.

Pengemis di Indonesia pada dasarnya tidak seLaLu berangkat dari kemiskinan, meLainkan kemaLasan! IsLam sendiri, waLau memboLehkan umatnya untuk mengemis, namun tetap menyatakan bahwa kerja adaLah haL terbaik bagi kaum musLim, waLau hasiLnya masih beLum mencukupi!

Etos kerja yg rendah ini berakibat kaum musLim terpinggirkan, terutama daLam bidang ekonomi. PemiLik aset yg cukup besar rata2 dipegang oLeh orang non musLim, sementara kaum musLim maLah menjadi pekerja dan orang yg membuat mereka kian kaya.

Etos kerja terdiri dari kata etos yg berarti watak, dan kerja yg berarti berproduksi.

Kerja tidak sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi juga mengandung makna ibadah seorang hamba ALLOH SWT agar mereka juga sukses di akhirat keLak. OLeh karenanya, kerja mesti dijadikan/diLandaskan dengan niat ibadah, sehingga bisa meraih dunia dan akhirat.

Seorang musLim hendaknya menempuhh 3 tahapan berikut agar prestasi kerja meningkat dan kerjanya berniLai ibadah.

Pertama, kerja keras dengan ukuran meraih semua kesempatan, tanpa meLewatkan sedikitpun. Kedua, kerja cerdas. Berbeda dengan kerja keras, kerja cerdas itu berarti kaum musLim mesti tahu trik untuk mengerjakan pekerjaan yg banyak namun dengan tenaga seringan mungkin. Ketiga, ikhLas. IkhLas di sini bermakna bekerja dengan tetap berpegang pada tuntunan agama.

Ayat yg berkaitan dengan bekerja adaLah sebagai berikut,Dan katakanLah: BekerjaLah kamu, maka ALLah dan RasuL-Nya serta orang-orang mukmin akan meLihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembaLikan kepada (ALLah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, LaLu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang teLah kamu kerjakan. (At Taubah(9):105)

Di samping 3 poin di atas, hendaknya kaum musLim yg bekerja tidak meLupakan konsep IHSAN, yakni kesempurnaan pekerjaan. ALLOH SWT berfirman,Yang membuat segaLa sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memuLai penciptaan manusia dari tanah. (As Sajdah(32):7)

Konsep Lain yg mesti diperhatikan adaLah ITQAN, yakni bersungguh-sungguh dan teLiti daLam bekerja, sehingga diperoLeh hasiL akhir yg rapi, indah, tertib.

http://khutbahjumat.wordpress.com/page/9/

Tips Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami – Gigi adalah bagian keras yang terdapat pada mulut yang sejatinya digunakan untuk memotong, atau mengunyah makanan yang masuk ke dalamnya. Namun sekarang gigi bukan hanya sebagai alat pembantu pencernaan makanan melainkan juga beralih sebagai penunjang penampilan. Saat ini banyak sekali masalah gigi yang kerap kali melanda seseorang. Mulai dari gigi yang tidak rata sehingga harus dipasang behel untuk meratakannya, gigi berlubang hingga masalah gigi kuning yang mungkin terjadi akibat kebiasaan malas menggosok gigi atau mengonsumsi kompi. Dan pembahasa kali ini disitus kesayangan kita adalah mengenai cara mendapatkan gigi putih bersinar.Gigi yang putih tentunya menjadi tanda gigi yang sehat oleh sebab itu saat ini banyak orang yang berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan gigi yang putih. Mengapa gigi putih menjadi alasan untuk menunjang penampilan ? Ya, karena saat ini gigi putih akan menambah rasa percaya diri setiap orang sehingga kita tidak akan malu untuk tersenyum. bisa anda bayangkan bukan jika gigi kita kuning ? Jangankan tersenyum mungkin untuk membuka mulut saja kita merasa minder.

Banyak cara yang mereka lakukan mulai dari pergi ke dokter gigi untuk melakukan pemutihan gigi. Atau dengan menggunakan pasta gigi yang mengibing-ibingi akan membuat gigi kembali putih. Namun semuanya adalah kembali kepada anda ingin menggunakan cara yang bagaimana?. Akan tetapi tentunya selagi masih ada cara alami mengapa tidak kita coba , bukan begitu?

1. Minum banyak air putih
Air putih merupakan cara alami untuk mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Tidak berarti Anda tidak boleh meneguk minuman beralkohol atau minuman lain yang berwarna. Hanya saja, minuman yang mengandung pewarna bisa membuat gigi terlihat kusam dan kotor. Noda yang dihasilkan red wine, misalnya, sudah diketahui bisa mengubah warna gigi. Sedangkan sebuah survei di Jerman pada tahun 2009 menemukan bahwa anggur putih ternyata juga memiliki tingkat keasaman dan sifat erosif yang membuat gigi lebih rentan pada noda. Jika suka minum minuman yang berwarna, sebaiknya selingi juga dengan minum air putih.

2. Obat kumur
Biasakan untuk menggunakan obat kumur untuk menjaga gigi tetap putih, dan nafas tetap segar. Yang harus diingat, pilih obat kumur yang bebas dari pewarna dan memiliki cairan yang berwarna putih. Obat kumur yang berwarna biru, hijau, kuning, atau yang lain, jika digunakan terlalu sering sebenarnya bisa menggelapkan warna gigi dari waktu ke waktu.

3. Konsumsi makanan
Gigi yang putih dan bersih tidak hanya bisa didapatkan dari perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam, seperti makanan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bersahabat dengan gigi seperti apel, kembang kol, wortel, sampai seledri. Snack yang renyah dan berserat, serta konsumsi sayuran membantu gigi menghapus noda dengan lembut.

 

sumber http://artistaspb.blogspot.com/2013/09/tips-cara-memutihkan-gigi-secara-alami.html

Cara Merawat Wajah Agar Putih Bersih

KirimCara.com – Perawatan wajah terutama bagi wanita adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi dengan adanya stigma bahwa cantik itu putih. Beberapa wanita berlomba-lomba melakukan perawatan wajah dengan biaya mahal untuk memiliki kulit wajah putih, bersih, sehat dan segar.

Padahal, kalau mereka tahu bagaimana cara merawat wajah agar putih bersih, tentu mereka tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan di salon-salon kecantikan. Karena merawat wajah bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan anda termasuk wanita yang beruntung. Kenapa? Sebab di artikel ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat wajah agar putih bersih. Simak saja penjelasannya di bawah ini:

1. Mengetahui Jenis Kulit

Sebelum merawat kulit, terlebih dahulu Anda harus tahu jenis kulit Anda. Apakah kulit kering, sensitif normal atau berminyak. Mengetahui jenis kulit sangat penting untuk menyesuaikan dengan produk yang akan dipakai.

2. Pembersihan

Saat mencuci wajah sebaiknya gunakan air hangat, agar pori-pori terbuka dan kotoran di dalamnya keluar, akhiri dengan air dingin. Selain itu hindari menggunakan sabun yang memiliki formula yang keras, karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya kulit kering dan bersisik. Pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengandung deterjen yang memiliki kandungan minyak alami atau lemak. Bila memiliki kulit sensitif hindari menggunakan produk perawatan yang mengadung parfum ataupun bahan pemutih karena dapat mengiritasi kulit.

3. Pelembab

“Pelembab memiliki peranan untuk menarik kelembaban dari lingkungan ke kulit dan menahannya di kulit. Namun terlalu banyak menggunakan pelembab dapat merusak kulit, seperti jerawat,” ujar dr. Vinia.

Waktu terbaik menggunakan pelembab adalah setelah mandi. Ketika itu kulit masih dalam keadaan lembab, sehingga kelembaban dari moisturizer dapat tertahan di kulit lebih lama.

4. Tabir Surya

Sunblock atau tabir surya sangat penting digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV A & B, penyebab utama kanker kulit, kerutan dan bintik hitam. Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas di luar rumah dari pukul sembilan pagi sampai tiga sore, karena matahari sedang ‘jahat-jahatnya’.

5. Kosmetik

Menggunakan kosmetik seperti bedak sangat penting. Selain untuk memberi efek cerah pada wajah, bedak juga dapat melindungi kulit dari debu dan polusi.

6. Perawatan Wajah Malam Hari

Perawatan malam hari tidak kalah penting untuk dilakukan. Gunakan serum dan krim malam, setelah membersihkan wajah. Serum bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit dan krim malam dari meregenerasi kulit lebih cepat saat kulit istirahat.

Nah, itu dia artikel cara perawatan wajah agar putih bersih. Selamat mencoba dan jangan lupa bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, baca tips merawat wajah berminyak dan kusam.

sumber http://www.kirimcara.com/2013/06/cara-merawat-wajah-agar-putih-bersih.html

Cara Membuat Email Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail

Artikel ini berawal dari percakapan dua anak SMU yang kebetulan ada di samping saya waktu saya sedang minum kopi. Salah satu dari anak muda itu bertanya pada temannya “bro, kalau mau bikin facebook kan harus punya email, gimana sih cara membuat email?”. Wah ternyata masih ada yang kurang paham cara membuat akun email sendiri ya hehehe.

Kenapa kita butuh email? Email adalah salah satu fasilitas yang wajib kita miliki ketika melakukan kegiatan di internet. Misalnya ketika kita ingin membuat akun media sosial di Facebook, Twitter, atau Google plus, pasti situs media sosial tersebut akan meminta akun email kita, atau ketika kita ingin belanja di toko online, pasti mereka akan menanyakan akun email kita. Fungsi email ini sendiri adalah sebagai alat komunikasi digital (surat elektronik) dan bisa juga sebagai identitas online seseorang.

Sebelumnya kita mesti tahu dulu apa itu email. Email atau e-mail adalah singkatan dari Electronic Mail atau surat elektronik yang hanya bisa dibaca jika kita punya perangkat komputer, laptop, Tab, smartphone, dan tentunya koneksi internet. Kalau tidak ada koneksi internet, kita tidak akan bisa membuka akun email kita. Akun email itu sendiri dapat kita miliki secara gratis ataupun berbayar, dan di artikel ini saya hanya membahas cara membuat email gratisan.

Artikel lain: Talk Fusion Indonesia

Beberapa penyedia layanan email gratis yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Yahoo.com, Google.com, dan Microsoft.com. Berikut ini adalah cara membuat email gratis di masing-masing layanan yang saya sebutkan:

A. Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)

Ini adalah layanan email gratis favorit saya. Selain bisa membuat email dengan gratis, kita juga bisa membuat akun Google plus dengan mudah bila sudah memiliki akun Gmail.

1. Langkah pertama, kunjungi situs Google mail

2. Klik tombol “Buat Akun” yang ada di sebelah kanan atas halaman Google mail.

 

3. Isi kolom-kolom yang ada pada halaman pengisian dengan data Anda:

  • Nama: isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
  • Buat sandi: isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  • Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode (2 kata dengan spasi) yang ada di halaman tersebut
  • Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google
  • Klik tombol “Langkah berikutnya”
 

4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda dengan menambahkan foto profile Anda. Untuk menambahkan foto, silahkan klik tombol “Tambahkan Foto Profil”. Anda bisa memasukkan foto dari komputer. Setelah selesai mengatur foto profil, klik tombol “Langkah berikutnya”.

5. Voila, akun email di Google sudah selesai dibuat. Silahkan klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email Anda.

 

B. Cara Membuat Email di Yahoo Mail

Layanan email gratis dari Yahoo sangat banyak digunakan orang. Selain email gratis, kita juga otomatis akan bisa mendaftar ke layanan Yahoo Messenger untuk chating.

1. Langkah pertama, kunjungi situs Yahoo mail

2. Klik tombol “Buat Account Baru” di bagian atas kanan halaman Yahoo mail.

 

3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

  • Nama:  isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih ID Yahoo!: pilih alamat email yang Anda inginkan di Yahoo
  • Pilih kata sandi: isi dengan sandi yang Anda inginkan dan mudah diingat
  • Ketik ulang kata sandi: masukkan lagi sandi Anda
  • Saya lahir pada:  isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Saya tinggal di: pilih negara dimana Anda tinggal
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan
  • Email Alternatif: isi bila Anda punya email lain, kosongkan bila memang tidak ada
  • Klik tombol “Buat akun saya”

3. Langkah selanjutnya adalah mengisi pertanyaan rahasia, ini dibutuhkan untuk menjaga keamanan akun email Yahoo Anda. Di sini Anda harus memilih pertanyaan dari pertanyaan 1 dan 2, serta tentukan jawaban Anda. Pilihlah pertanyaan yang jawabannya mudah Anda ingat. Dan jangan lupa mengisi nomor ponsel Anda pada kolom yang sudah disediakan. Pada halaman ini Anda juga perlu untuk memasukkan kode anti spam. Setelah selesai mengisi kolom-kolom yang disediakan, klik tombol “Selesai”.

 

4. Voila, email Anda di Yahoo sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke halaman email Anda.

 

C. Cara Membuat Email di Hotmail

Layanan email gratis Hotmail ini disediakan oleh Microsoft.com. Memang tidak sepopuler Gmail dan Yahoo mail, tapi layanan ini sangat banyak digunakan orang.

1. Langkah pertama, buka situs Hotmail

2. Klik tombol “Sign up now” pada bagian kanan bawah halaman Hotmail.

 

3. Isi kolom-kolom yang disediakan dengan memasukkan data Anda:

  • Name: isi dengan nama depan dan nama belakang Anda
  • Birth date: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih jenis kelamin
  • Microsoft account name: isi dengan alamat email yang Anda inginkan di akun Microsoft Anda
  • Create password: isi dengan sandi yang Anda inginkan
  • Reenter password: masukkan kembali sandi Anda
  • Phone number: isi dengan nomor HP Anda, untuk keamanan akun email
  • Alternate email address: isi dengan alamat email Anda yang lain, kosongkan bila tidak ada. Bila Anda tidak mengisi email alternatif maka Anda harus mengisi pertanyaan dan jawaban rahasia untuk menjaga keamanan akun email Anda.
  • Country region: pilih negara tempat tinggal Anda
  • Postal code: isi dengan kode pos Anda
  • Enter the characters you see: isi dengan karakter yang Anda lihat, ini untuk mencegah spam
  • Lalu klik tombol “I Accept”
 

4. Tadaaaa, akun email Anda di Hotmail sudah jadi. Langkah selanjutnya Anda bisa klik tombol “Continue to inbox” untuk melihat halaman email Anda.

 

Demikianlah informasi singkat cara membuat email baru di Gmail, Yahoo mail, dan Hotmail. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat akun email baru dengan mudah dan cepat. Terimakasih sudah membaca artikel saya icon smile Cara Membuat Email Baru di Gmail, Yahoo, dan Hotmail

 

sumber http://www.maxmanroe.com/cara-membuat-email-baru-di-gmail-yahoo-dan-hotmail.html